Wednesday, January 18, 2012

Tidak Merokok Bisa Kena Kanker Paru-paru

Tidak Merokok Bisa Kena Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyebab utama kematian dalam kelompok kanker, baik pada wanita maupun pria. Meskipun 80 persen pasien dengan kanker paru-paru adalah perokok, tapi 1 dari 5 pasien dengan kanker ini tidak perokok.

Mengutip data di Amerika Serikat, kematian akibat kanker paru-paru setiap tahunnya mencapai 40.000 per tahun. Para perempuan non-perokok juga berisiko dua kali lebih besar meninggal akibat kanker paru-paru serta kanker ovarium.

Karena itu benar ahli mengklaim tidak lagi tepat jika kanker paru-paru disebut sebagai penyakit dari perokok.

"Jika kita memiliki paru-paru maka kita bisa mendapatkan kanker paru-paru. Kanker sekarang sama dengan kanker yang menyerang organ lain," kata Linda Wenger, direktur eksekutif Bersatu Melawan Kanker Paru-paru.

Para ahli mengatakan stigma yang melekat kebiasaan merokok dengan kanker paru-paru, yang disebut sebagai penyakit yang dicari sendiri, telah mengurangi simpati publik bagi pasien dan mengakibatkan kurangnya dana untuk penelitian penyakit ini.

"Penelitian pada kanker paru-paru sebagai anak tiri dalam keluarga kanker karena pengaruh stigma," kata Holli Kawadler, seorang peneliti kanker. Ia mencontohkan, dana untuk penelitian kanker payudara setiap tahun mencapai 27.000 dolar AS, sedangkan untuk kanker paru-paru hanya $ 1400.

Namun demikian, para ilmuwan perlahan-lahan mulai memahami penyebab kanker ini pada bukan perokok. Satu fakta adalah perempuan non-perokok memiliki risiko lebih besar daripada pria, yang 2-1.

Meskipun penyebab pasti tidak jelas, namun, seperti tumor pada payudara, paru-paru agresivitas kanker dipengaruhi oleh estrogen.

Cegah kanker dan obati gangguan pernapasan dengan metoda pengobatan terapi kuno yang sudah ada sejak jama Nabi, yaitu dengan mengkonsumsi Susu Kambing, kalau jaman sekarang ya konsumesi susu kambing ettawa bubuk seperti halnya GMP NUTRI.

0 comments: